Social Icons

arabic education

interaktif, inofatif, dan komunikatif

Selasa, 13 Maret 2012

Nalar Dasar Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif



Kendati buku yang mengupas perbedaan yang mendasar antara metode penelitian kualitatif dan kuantitatif sudah begitu banyak ditulis oleh para pakar metodologi penelitian, baik secara filosofis maupun praktis, pertanyaan mengenai perbedaan keduanya masih tetap saja muncul. Berikut uraian ringkas mengenai perbedaan keduanya, dengan titik tekan pada nalar dasar metode penelitian kualitatif yang disari dari berbagai sumber dan pengalaman penulis pada saat mengajar matakuliah metodologi penelitian dan melakukan penelitian.

Membangun Sistem Pembelajaran Bahasa Arab yang Integratif

a)     Definisi dan Fungsi  Bahasa
Ibnu Jinni mendefinisikan bahasa adalah suara yang diungkapkan oleh setiap komunitas masyarakat untuk mengutarakan maksud mereka. Sedangkan Menurut mayoritas ulama,  bahasa adalah  media yang berkembang , yang mana dengannya antara individu dan komunitas dapat berkomunikasi atau berinteraksi. Dengan kata lain bahasa adalah beberapa kata yang menunjukan suatu arti tertentu yang memiliki fungsi bagi individu dan komunitas. Sedangkan bahasa hubungannya dengan individu adalah suatu alat untuk mengungkapkan apa yang ada dalam hatinya, baik berupa perasaan, maksud, keinginan dan pemikiran. 

Senin, 12 Maret 2012

Pendekatan Analisis & non Analisis

            Pendekatan adalah proses, perbuatan, atau cara mendekati(KBBI,1995). Pendekatan merupakan sikap atau pandangan tentang sesuatu, yang biasanya berupa asumsi atau seperangkat asumsi yang saling berkaitan.
A. Pendekatan Analisis (المدخل التحليل)
            Pendekatan Analisis atau Analytical Approach juga dikenal dengan sebutan Formal Approach adalah pendekatan yang didasarkan pada seperangkat ungkapan-ungkapan dan asumsi-asumsi kebahasaan dan sosiolinguistics. Pendekatan ini menganggap pembelajaran bahasa sebagai suatu kegiatan rutin yang konvensional, dengan mengikuti cara-cara yang telah biasa dilakukan berdasarkan pengalaman.
          

Sabtu, 10 Maret 2012

metode pengajaran B.A

METODE PENGAJARAN BAHASA YANG INOVATIF

Yang dimaksud dengan metode inovatif adalah metode yang membawa paham-paham baru sekarang ini sedang menjadi bahan perbincangan di Amerika dan Eropa; yaitu : pertama, Suggestopedia; kedua, Counseling-Learning; dan ketiga, the silent way. Metode-metode itu muncul setelah metode audio-lingual hampir habis masa jayanya.
Cara belajar bahasa memakai metode audio-lingual yang didasarkan pada pendapat bahwa belajar bahasa kedua untuk orang dewasa sebaiknya dengan mengikuti cara anak belajar bahasa ibu, yaitu dengan menirukan dan mengulangi berkali-kali dianggap cara belajar seperti burung beo.
Cara belajar demekian disanggah oleh Chomsky, seorang ahli bahasa dari Massachusetts Institute of Technology, yang mengatakan bahwa belajar bahasa yang demikian hanya mementingkan struktur permukaan (surface struktur) bahasa itu saja, sedangkan makna bahasa (deep struktur) itu sendiri, yang tersimpan dalam diri si pembicara, terabaikan.